Kamis, 27 September 2012

NETIQUETTE


Netiquette

    

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya tentang apa yang di maksud dengan Netiquette.dan mungkin juga banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dalam dunia internet juga terdapat beberapa hal yang tidak sepantasnya di lakukan dalam internet dan itu terkandung di dalam sebuah Netiquette,

Pengertian Netiquette ialah singkatan dari network etiquette atau Internet etiquette merupakan Ketentuanatau tatacara tertulis dalam sistem jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi, biasanya di dalam news group ,USENET, juga dalam e-mail. Sebenarnya Netiquette merupakan hal penting untuk diketahui oleh kita semua karena saat kita berinteraksi di internet dengan banyak orang bisa jadi apa yang kita utarakan (ketik/tulis) tidak sama dengan prasangka pembacanya. Dalam artian hal ini untuk menjaga keharmonisan para penghuni dunia maya.


Secara umum berikut dasar-dasar yang harus diketahui dalam penulisan blog,news group dan juga dalam email :

1. Huruf kapital
Tahukah apa arti dari huruf kapital? kesepakatan di internet tulisan dalam huruf kapital itu berarti anda sedang marah/emosi.

2. Cantumkan Referensi

3. Sopan
Pakailah bahasa yang sopan dalam berkomentar atau dalam mengajukan pertanyaan.

4. Hati2 HOAX
Hoax adalah berita bohong. Untuk artikel yang belum jelas kevalidannya jangan langsung sebarkan. Baca dengan teliti
dan cari sumber yang jelas.

5. NO SARA
Hindari postingan/email berbau SARA(.

6. Hal Pribadi, PM saja.
PM artinya private message. Jika kita saat diskusi kita ingin menanyakan kepada satu orang saja apalagi hal tersebut masalah privasi maka biasakan untuk PM alias tanya langsung jangan ditanyakan lewat forum atau milis.

7. Hindari OOT
OOT adalah out of topic. alias ga nyambung atau keluar dari pokok pembahasan
.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar